Komik Islamic Cosmik Indonesia Bernilai Dakwah

Komik IslamiKomik Islamic atau juga dikenal dengan cosmic adalah komik yang didalamnya membahas mengenai nilai-nilai keislaman. Misal cosmic Indonesia yang bercerita tentang sejarah islam nusantara, puasa, bulan Ramadhan, idul fitri dan jenis lainnya. Fungsinya tentu untuk dakwah, dengan visualisasi dan jalan cerita yang semuanya islami. Penyampaian ini adalah salah satu metode yang inovatif untuk sampai dikalangan anak-anak.

Pengertian Komik Islamic
Secara deskripsi, komik adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya.  Sedangkan perbedaan antara komik biasa dengan komik Islamic yakni pada isinya. Komik Islamic bertemakan ajaran islam atau nilai islam untuk mencapai misi dakwah.

Manfaat Komik Islamic
Komik jenis ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan tentang islam dan juga panduan islami lainnya. Misal, sebuah komik nya berisikan panduan atau tata cara solat. Maka, pembaca komik dapat belajar tentang solat. Bisa juga komik beriskan tentang niat-niat beribadah atau nilai islami lainnya.

Keunggulan Komik Islamic
Penyampaian akan lebih menarik jika menggunakan komik. Komik juga menyasar kepada usia anak-anak yang biasanya malas belajar. Lebih interaktif dan modern dalam berdakwah. Dapat disebarkan ke media social dan digital. Itulah contoh beberapa keuggulan komik Islamic.

Dakwah tidak harus dari atas mimbar
Ya, komik islami bisa menjadi alternative dakwah yang simpel. Tausiah diatas mimbar hanya mencakup beberapa orang saja di lokasi tersebut. Namun, komik islami dapat menyebar dengan luas di buku, social media, apps, website, blog dan lainnya. Komik juga dapat dibuat animasi yang kemudian ditayangkan di youtube.

Dakwah tidak harus dari mimbar. Seorang pembuat komik dapat membuat konsep dakwah yang komples didalam komik. Misal, komik series Ramadhan atau komik seris sedekah dan lainnya. Didalam komik, dapat menyisipkan hadist atau ayat al qurannya. Misalnya seperti komik dibawah ini. Dewasa ini, banyak pendekatan yang dilakukan para dai untuk berdakwah. Misal dengan benyanyi, berdagang, menggambar, dan lainnya termasuk komik.

Berikut ini adalah contoh-contoh komik Islamic

Sumber komik: Fb COMIK FOR ISLAMIC DAYS

Makna komik: Kita akan berdosa jika berprasangka buruk terhadap orang lain. Sebagian prasangka adalah dosa. Disisi lain komik ini juga mengajarkan rasa empati kepada sesama muslim yang terkena musibah. 2 makna penting yang ada dalam satu buah komik. 

Sumber Dakwah Islamic

Mengajarkan tentang berbaiksangka. Berbaiksangka lebih baik ketimbang kita berfikir yang tidak baik. Hati kita pun akan lebih tenang dan tentram. Juga mendatangakan hubungan baik.


Sumber gomuslim

Komik dari portal berita islam gomuslim tersebut mengingatkan bahwa pacaran tidak dianjurkan dalam islam. Perlu diketahui bahwa gomuslim adalah satu satunya portal yang secara konsisten membuat konten komik islam. Dalam seminggu, mereka mempublis setidaknya 3 komik islami. 

Sumber kumorowl

Simpel, namun sangat bermakna. Komik tersebut menjelaskan bahwa saat kita mati, hanya amal yang akan tetap menemani. Amal adalah teman sejati. KETIKA manusia meninggal, seluruh keluarga, kerabat, dan teman akan ditinggalkan. Pun demikian dengan harta benda. Hanya amal saleh yang menjadi penolong di alam kubur dan akhirat. Karena itu, selagi masih hidup, manusia harus beramal saleh sebanyak mungkin.

Itulah contoh-contoh komik islamic dan juga penjelasannya. Semoga dapat memberikan informasi bagi kita semua. Mari kita sebarkan untuk dakwah bagi diri kita dan orang disekitar kita. 

0 Response to "Komik Islamic Cosmik Indonesia Bernilai Dakwah"

Post a Comment